Sabtu, 30 Januari 2016

Pelibatan Stakeholder dalam Evaluasi Program


Dalam tulisan ini hanya membahas mengenai evaluasi program sistem kewaspadaan dini dan respon (SKDR). Dalam proses evalusi program sistem kewaspadaan dini dan respon (SKDR) terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) ini melibatkan beberapa stakeholder, di antaranya yaitu :
1.      Kader
Bersama petugas kesehatan, secara aktif melakukan pelacakan kasus yang terkait wabah. Kader juga berperan dalam posyandu kesehatan di lingkungannya. Memberikan sosialisasi mengenai penyakit yang merebak di masyarakat.
2.      Masyarakat
Masyarakat ikut berobat mengetahui sedini mungkin gejala penyakit yang dideritanya. Dan melaporkan ke petugas kesehatan terdekat atau kepada kader kesehatan scepat mungkin. Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama memotivasi penderita dan memotivasi masyarakat yang memilik keluarga yang sakit untuk berobat ke fasilitas kesehatan terdekat dan menjaga kesehatan agar tidak tertular.
3.      Kelurahan/Kecamatan
Menyiapkan data – data demografi, pekerjaan, pendidikan, Gakin. Memudahkan pendataan dan perijinan agar birokrasi mudah dari tingkat bawah sampai atas. Memudahkan kebutuhan data warga miskin penderita penyakit yang dapat menimbulkan wabah yang ingin berobat ke fasilitas kesehatan. Kelurahan/ Kecamatan berperan dalam membantu sosialisai program yang berkaitan dengan pengendalian penyakit menular. Kelurahan dan kecamatan juga berperan dalam penyebarluasan jaminan kesehatan nasional yang dapat digunakan oleh pasien penyakit wabah.
4.      Rumah Sakit
Rumah Sakit dalam pelaksanaan program kewaspadaan dini dan respon berperan dalam pemeriksaan pasien yang menderita penyakit menular yang dapat menimbulkan wabah. Rumah sakit melaporkan hasil pemeriksaan ke dinas kesehatan kota untuk ditindaklanjuti.
5.      Laboratorium
Laboratorium berperan dalam pemeriksaan klinis dari specimen yang diambil dari penderita penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Baru

Haii.... Silahkan beralih ke Blog saya yang kedua di http://nurvitawikansari.com Selamat membaca.. Terima Kasih :)