Minggu, 02 Agustus 2015

Mau Tubuh Ideal, Sehat, Cantik dan Bugar Setelah Puasa?



Bingung berat badan membengkak gara – gara makan gak di rem setelah puasa? Atau makin kurus setelah sebulan puasa? Nah, berikut ada beberapa tips agar berat badan menjadi ideal kembali.

Pertama, lakukanlah makan makanan yang sehat yaitu makanan dengan gizi seimbang. Apa itu gizi seimbang? Gizi seimbang adalah makan makanan yang mengandung zat – zat gizi dimana jenis dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tubuh memerlukan karbohidrat, protein, aneka vitamin, lemak hewani maupun nabati dan mineral – mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh. Zat – zat gizi tersebut dapat kita konsumsi contohnya melalui nasi, sayur - sayuran, lauk pauk, maupun buah – buahan. Jangan lupa perbanyak minum air putih karena 60% tubuh kita terdiri dari air. Selain memerhatikan zat  zat gizi dalam makanan, kebersihan makanan dan alat – alat makan pun harus dijaga. Biasakan mencuci bahan makanan dengan air mengalir begitu juga tempat dan alat makan serta tangan kita sebaiknya dicuci dengan sabun dan air mengalir. Hal ini bisa mencegah kuman masuk ke dalam tubuh juga lho. Sehingga tubuh tidak menjadi sakit yang membuat badan menjadi kurus. So, makanlah makanan dengan porsi makanan yang cukup namun gizi tercukupi dan makanan harus bersih dengan teratur. 

Kedua, kurangi merokok, minum – minuman bersoda, dan makan makanan cepat saji. Berdasarkan beberapa penelitian, merokok berlebihan, minuman bersoda , dan makanan cepat saji dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Tubuh yang terlalu sering terpapar rokok, makanan cepat saji, dan minuman bersoda akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Misalnya hipertensi, jantung, obesitas, dan penyakit lainnya. 

Ketiga, lakukan aktivitas fisik dengan rutin. Misalnya dengan lari pagi selama 30 menit saja sudah bisa menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas fisik ini juga bisa menambah wajah dan pikiran menjadi ceria kembali lho. Atau dengan senam aerobik, yoga, dan olah raga lainnya yang menggunakan musik akan menjadikan pikiran fresh dan badanmu terlihat bugar.

Keempat, tenangkan pikiran dari berbagai masalah. Ada beberapa orang ketika dilanda masalah mengurung diri tidak mau makan sehingga badan menjadi kurus. Ada pula yang melarikan diri dengan banyak makan sehingga tubuh menjadi gemuk. Jadikan pikiran kita pikiran yang positif dan lakukan kegiatan – kegiatan yang positif untuk mengalihkan masalah yang sedang kita hadapi selagi menyelesaikan masalah tersebut. Masih ingat kan, Allah tidak membebani manusia di luar batas kemampuannya. So, be positif thingker

Kelima, lakukan pekerjaan atau tugas – tugas dengan teratur dan selesai tepat waktu. Mengerjakan pekerjaan atau tugas – tugas kuliah yang tepat waktu akan membuat hati merasa terpuaskan sehingga dapat mengurangi beban pikiran dalam otak kita. Sehingga kita bisa melakukan aktivitas – aktivitas lainnya dengan baik.

Selamat mencoba !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Baru

Haii.... Silahkan beralih ke Blog saya yang kedua di http://nurvitawikansari.com Selamat membaca.. Terima Kasih :)