Jumat, 28 Agustus 2015

Proyek Lapangan oh Proyek Lapangan

Proyek lapangan.....

Ntah kenapa baru kali ini pengen rasanya cerita tentang proyek lapanganku. Maklum kuliah menuntutku harus menyelesaikan 5 proyek lapangan sebelum maju seminar proposal tesis. Aku kuliah di magister epidemiologi lapangan dimana 70% pembelajaran di lapangan dan 30% in class. Kelima proyek lapangan terdiri dari
a. Analisis Masalah Kesehatan
b. Evaluasi Program
c. Evaluasi Surveilans
d. Penelitian Analitik
e. Kejadian Luar Biasa

Analisis Masalah Kesehatan dengan memprioritaskan masalah yang ada di lingkungan tersebut dan mencari saran untuk solusi mengatasi masalah utama kesehatan di sana.

Evaluasi Program dengan melihat input, proses, output, dan outcome dari suatu program kesehatan.

Evaluasi Surveilans dengan meihat input, atribut sistem surveilans (kesederhanaan, fleksibilitas, akseptabilitas, sensitivitas, nilai prediktif positif, kerepresentatifan, ketepatan waktu), dan komponen sistem surveilans (pengumpulan data, pengolahan dan penyajian data, analisis data, dan diseminasi data atau penyebarluasan data)

Untuk analitik, kita seperti melakukan penelitian dengan mengolah data dengan menggunakan analisis dengan software biasanya sih stata. Misalnya mengenai hubungan faktor risiko terhadap kejadian penyakit dimana kita harus wawancara satu per satu dengan penderita atau bisa juga dengan menggunaakan data sekunder.

Kejadian Luar Biasa, untuk proyek lapangan satu ini,, luar biasa bener mencarinya. Karena tidak semua tempat mendapat KLB. Hanya daerah - daerah tertentu saja dan kejadiannya begitu cepat.

Ada suka dukanya kuliah di peminatan ini. Ehhmmm banyak suka nya apa dukanyaa yaaa.. hehe
Yang penting dinikmatin prosesnya deh dan disyukuri hikmah dari segala peristiwa dalam menyelesaikan proyek lapangan. 

Proyek lapangan ini gak hanya belajar mengenai teori aja, tetapi belajar berkomunikasi, beradaptasi di lingkungan baru, bersopan santun, dan bersabar dalam menghadapi orang - orang sekitar atau partner proyek lapangan kita. Proyek lapangan juga melatih kita untuk cepat dalam mengambil keputusan di waktu yang singkat. 

Satu proyek lapangan sama seperti satu tesis. Jadi kami berasa membuat 6 tesis.. 
SEMANGAAAAT...!!!!
Semoga selalu diberikan keikhlasan, kelancaran, dan kemudahan dalam mengerjakan proyek - proyek lapangan dan selesai lebih cepat serta mendapatkan hasil yang optimal. Aamiin

1 komentar:

  1. Assalamu'alaykum, Hai Mbak Nurvita! Saya Dea yang inshaAllah rencananya ingin masuk di fetp. Saya mau tanya, proyek di fetp itu sifatnya kelompok atau individu? Apakah proyek ditempatkan dimana-mana? Dan bagaimana dengan biayanya? Terimakasih. Semoga sukses selalu..

    BalasHapus

Blog Baru

Haii.... Silahkan beralih ke Blog saya yang kedua di http://nurvitawikansari.com Selamat membaca.. Terima Kasih :)